
![]() |
Dr. Ns. Muh. Yusuf Tahir Bongkar Rahasia Service Excellent di Dunia Medis! |
SIDRAP, 21 Maret 2025 – Dalam Workshop Service Excellent di UPT RSUD Arifin Nu'mang, Dr. Ns. Muh. Yusuf Tahir, M.Kes., M.Kep memaparkan bahwa pelayanan kesehatan berkualitas tidak hanya bergantung pada teknologi, tetapi juga pengalaman pasien. Ia menekankan 5 indikator utama Service Excellent yang harus dimiliki setiap rumah sakit.
Untuk diketahui bahwa sejak Kuliah Dr. Ns. Yusuf kerap kali memberikan pelayanan jasa pengantaran pasien ke LN seperti Malaysia dan Singapura, dan setelah melakukan observasi bahwa masyarakat Indonsia yang berobat ke LN hanyalah membayar Service, service excellent harusnya menjadi habit/kebiasaan dalam pelayanan kesehatan, demi terciptanya Company Culture.
5 Indikator Utama Service Excellent:
✅ Empathy – Tenaga medis harus memahami kebutuhan pasien secara emosional, bukan sekadar memberikan pengobatan. Pasien yang merasa diperhatikan lebih cepat merespons perawatan.
✅ Responsiveness – Kecepatan dan kesiapan dalam menangani pasien adalah kunci utama. Respons yang lambat dapat memengaruhi tingkat kepuasan dan kepercayaan pasien.
✅ Tangible – Fasilitas yang bersih, rapi, dan tertata dengan baik memberikan rasa nyaman dan meningkatkan kepercayaan pasien terhadap rumah sakit.
✅ Reliability – Pelayanan yang konsisten dan profesional menciptakan kepercayaan masyarakat. Pasien harus yakin bahwa mereka berada di tangan yang tepat.
✅ Assurance – Jaminan pelayanan yang berkualitas dari tenaga medis berpengalaman memberikan rasa aman kepada pasien dan keluarganya.
"Ketika lima indikator ini diterapkan dengan baik, maka akan tercipta budaya kerja unggul di rumah sakit. Pasien bukan hanya mendapatkan perawatan, tetapi juga kenyamanan dan ketenangan hati," ujar Dr. Ns. Muh. Yusuf Tahir.
Dengan implementasi Service Excellent, RSUD Arifin Nu'mang siap bertransformasi menjadi rumah sakit yang tidak hanya mengutamakan kesembuhan, tetapi juga memberikan pengalaman terbaik bagi pasiennya!