YMPI Sidrap Gelar Rapat Evaluasi Kinerja, Bahas Kedisiplinan Guru |
NARASIRAKYAT, SIDRAP, 25 September 2024 – Yayasan Madrasah Pendidikan Islam (YMPI) kembali mengadakan Rapat Koordinasi bulanan yang kali ini dilaksanakan pada Rabu, 25 September 2024 di Aula YMPI Rappang. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik dari RA, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah YMPI, dengan tujuan mengevaluasi setengah masa kepengurusan serta meningkatkan komitmen dan kinerja para pendidik.
Mengusung tema "Meningkatkan Komitmen dan Kinerja yang Progresif dengan Semangat Bekerja, Berkarya, dan Berbenah", rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Harian YMPI, Drs. H. Akkas Hanafi**, yang didampingi oleh para kepala madrasah dan dihadiri oleh seluruh tenaga pengajar. Kegiatan ini dilakukan secara tertutup dan hanya dihadiri oleh keluarga besar YMPI, dengan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan yang komprehensif.
Rapat koordinasi bulanan ini merupakan salah satu program kerja rutin Yayasan Madrasah Pendidikan Islam yang digunakan sebagai forum untuk mengevaluasi kinerja selama setengah masa kepengurusan. Dalam rapat tersebut, sejumlah poin penting dibahas, dengan tujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas layanan pendidikan yang diberikan oleh yayasan ini.
Drs. H. Akkas Hanafi dalam sambutannya menekankan pentingnya peran tenaga pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang disiplin, berkualitas, dan harmonis. Menurutnya, keberhasilan madrasah tidak hanya bergantung pada kurikulum, tetapi juga komitmen dari para guru untuk memberikan teladan baik dan menciptakan suasana pembelajaran yang produktif.
Rapat ini memfokuskan pada empat agenda utama yang menjadi kunci peningkatan kualitas pendidikan di YMPI:
1. Kedisiplinan Guru: Dalam rapat ini, ditegaskan bahwa guru harus menjadi contoh teladan bagi seluruh siswa, tidak hanya dalam hal akademik tetapi juga dalam hal kedisiplinan dan etika. Kedisiplinan ini dianggap penting untuk menciptakan kultur belajar yang positif dan membangun karakter peserta didik yang kuat.
2. Tanggung Jawab Tenaga Pendidik: Poin kedua yang dibahas adalah tentang tugas dan tanggung jawab tenaga pendidik dalam memberikan hak-hak peserta didik untuk memperoleh pendidikan yang layak dan bermutu. Guru dituntut untuk bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab.
3. Peningkatan Mutu Pendidikan: Salah satu fokus utama dalam rapat adalah upaya peningkatan mutu pendidikan, terutama dalam hal kurikulum dan pengajaran. Para tenaga pendidik diharapkan dapat terus meningkatkan kompetensi mereka dalam mengajar dan memastikan bahwa setiap mata pelajaran disampaikan dengan kualitas yang tinggi.
4. Kekompakan dan Kerjasama: Kekompakan antar tenaga pendidik juga menjadi perhatian utama dalam rapat ini. Ketua Yayasan menekankan pentingnya kerjasama yang solid di antara seluruh staf agar dapat menghadapi tantangan yang ada dan terus berbenah demi peningkatan kualitas madrasah.
Dengan berakhirnya rapat koordinasi, para tenaga pendidik yang hadir menyatakan kesiapannya untuk terus bekerja dengan semangat dan berbenah diri. Drs. H. Akkas Hanafi menutup acara dengan menyampaikan harapannya agar seluruh jajaran YMPI tetap kompak dan solid dalam menjalankan tugas mereka. Beliau juga berharap bahwa semangat evaluasi dan perbaikan ini dapat terus berlanjut, sehingga YMPI bisa mencapai tujuan besar dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia dan berilmu.
Selain tenaga pendidik, pihak pimpinan madrasah juga berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada para guru dan staf dalam menjalankan tugas mereka. Dalam rapat ini, setiap kepala madrasah berperan aktif dalam memberikan masukan dan solusi untuk tantangan yang dihadapi di masing-masing tingkat pendidikan. Kekompakan antara pimpinan dan guru menjadi kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan di YMPI.
Dari hasil rapat koordinasi tersebut, diharapkan Yayasan Madrasah Pendidikan Islam dapat terus berkembang dan memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik. Dengan semangat kerja yang progresif, pimpinan yayasan optimis bahwa seluruh target pendidikan dapat tercapai, termasuk peningkatan kualitas guru, mutu pendidikan, dan kerjasama tim.