
![]() |
Mahasiswa FKIP UMS Rappang Akhiri PLP I dengan Pengamatan Mendalam di SMKN 1 Sidrap |
NARASIRAKYAT, Sidrap – Pada 9 September 2024, Setelah dua pekan melakukan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP I) di SMK Negeri 1 Sidrap, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang (UMS Rappang) resmi ditarik kembali dalam upacara penutupan yang digelar pada Senin, 9 September 2024. Penarikan ini dihadiri oleh Syahrir L., S.Pd., M.Pd., dosen pembimbing PLP I, bersama para guru dan kepala sekolah SMKN 1 Sidrap.
Kegiatan PLP I yang berlangsung selama dua pekan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan landasan jati diri sebagai pendidik dan mengembangkan kompetensi akademik di bidang pendidikan. Para mahasiswa terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengamatan terhadap berbagai aspek sekolah, mulai dari struktur organisasi dan tata kelola, hingga praktik-praktik positif yang diterapkan oleh para pendidik di sekolah.
Dalam penarikan ini, Syahrir L., S.Pd., M.Pd., mengungkapkan bahwa PLP I adalah pengalaman awal yang penting bagi mahasiswa untuk mengenali dunia pendidikan dari sudut pandang praktis. "Melalui program PLP I ini, mahasiswa dapat melihat langsung bagaimana sekolah dikelola, memahami kultur sekolah, dan mempelajari praktik-praktik pendidikan yang baik. Ini menjadi bekal penting bagi mereka sebelum benar-benar terjun sebagai pendidik di masa depan," ujar Syahrir.
Selama dua pekan, mahasiswa telah melakukan pengamatan menyeluruh, di antaranya:
1. Kultur Sekolah : Pengamatan langsung terhadap budaya, lingkungan sosial, dan interaksi antar warga sekolah, yang menjadi ciri khas dari SMKN 1 Sidrap.
2. Struktur Organisasi dan Tata Kelola Sekolah: Mahasiswa mengamati bagaimana sistem administrasi dan manajemen sekolah dijalankan secara formal.
3. Peraturan dan Tata Tertib Sekolah: Pengamatan ini melibatkan analisis bagaimana aturan sekolah diberlakukan dan dampaknya terhadap disiplin siswa.
4. Kegiatan Ceremonial dan Formal: Mahasiswa turut serta dalam kegiatan formal seperti upacara bendera dan rapat-rapat sekolah, mempelajari pentingnya strukturisasi dalam sekolah.
5. Kegiatan Kurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler: Fokus pengamatan pada proses pembelajaran formal di kelas, serta kegiatan penunjang seperti ekstrakurikuler yang mendukung perkembangan siswa.
6. Pembiasaan dan Kebiasaan Positif: Mahasiswa mencatat bagaimana sekolah membentuk perilaku positif melalui program pembiasaan seperti kebersihan, kedisiplinan, dan tanggung jawab.
7. Pengamatan Pendidik di Sekolah: Salah satu aspek penting dari PLP I adalah memperhatikan cara para pendidik mengajar, berinteraksi dengan siswa, dan menjalankan peran mereka sebagai pembimbing.
Andi Hidayat, salah satu mahasiswa yang mengikuti program ini, menyampaikan kesannya, “PLP I ini memberikan kami pengalaman nyata bagaimana mengelola kelas, memahami tata tertib sekolah, hingga melihat bagaimana pendidik memberikan teladan. Ini menjadi pengalaman berharga untuk kami sebelum memulai PLP II nanti yang akan lebih fokus pada praktik mengajar.”
Sementara itu, kepala sekolah SMKN 1 Sidrap menyampaikan apresiasinya atas keterlibatan mahasiswa FKIP UMS Rappang yang telah berkontribusi dalam proses pembelajaran di sekolah. "Kehadiran mahasiswa PLP di sekolah kami memberikan angin segar, baik bagi siswa maupun para guru. Mereka tidak hanya belajar, tapi juga turut memberikan ide-ide segar dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler," ujarnya.
Program PLP I ini merupakan bagian dari kurikulum pendidikan di FKIP UMS Rappang, yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi pendidik yang kompeten, berkarakter, dan siap terjun ke dunia kerja dengan bekal pengalaman praktis di lapangan.