
![]() |
Dr. Usman M Dosen UMS Rappang Hasilakn Karya Buku Pembelajaran Discovery Inovatif |
NARASIRAKYAT,SIDRAP – Sebuah terobosan baru dalam dunia pendidikan telah dihadirkan oleh Dr. Usman M bersama tim peneliti terkemuka, yang meliputi Dr. Sam Hermansyah, Sumarlin Rengko HR, Basuki Rahmat Masdi Siduppa, Syamsunir, Hasan, dan Abd. Kahar. Mereka baru saja merilis buku pembelajaran berjudul “Model Pembelajaran Discovery: Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Personal Religious Beliefs,” sebuah karya yang menjanjikan revolusi metode belajar di Perguruan Tinggi, khususnya Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang.
Buku ini dirancang untuk mengimplementasikan Model Pembelajaran Discovery dalam pendidikan biologi, dengan fokus pada materi dasar pewarisan sifat dan bioteknologi. Berakar dari kebutuhan aktual di lapangan serta analisis literatur mendalam, buku ini mengintegrasikan pendekatan penemuan, kontekstual, dan integratif untuk memperkuat keterampilan berpikir kritis dan pemahaman keagamaan siswa.
Model yang dibahas dalam buku ini mencakup beberapa tahapan penting, antara lain orientasi terhadap kearifan lokal, pernyataan analitis, observasi dan pengumpulan data, pengolahan data, asosiasi berbasis agama, hingga generalisasi dan kesadaran. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam terhadap materi pembelajaran sambil mempertajam kemampuan berpikir kritis mereka.
Kerjasama antar peneliti dari berbagai disiplin ilmu menandai pentingnya sinergi dalam pengembangan materi pembelajaran yang kaya dan multidimensi. Buku ini tidak hanya menjadi sumber ilmu yang berharga bagi mahasiswa dan pengajar di bidang biologi, tetapi juga bagi siapa saja yang berkecimpung dalam pendidikan dan pengembangan kurikulum.
Buku ini dilengkapi dengan skenario implementasi pembelajaran Discovery di kelas, termasuk perangkat pembelajaran yang dapat langsung diaplikasikan oleh pengajar. Tambahan berupa lembar observasi keterampilan berpikir kritis dan angket Personal Religious Beliefs (PRB) yang telah dikembangkan oleh peneliti, memperkaya nilai praktis dari buku ini.
Peluncuran buku ini diharapkan dapat membuka jalan bagi metode pembelajaran yang lebih interaktif dan mendalam, yang tidak hanya mengedepankan pengetahuan akademik, tetapi juga pengembangan pribadi dan spiritual siswa. Dengan pendekatan yang holistik, Dr. Usman M dan tim berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap evolusi pendidikan di Indonesia dan di seluruh dunia.
Kehadiran buku “Model Pembelajaran Discovery” ini tentunya menjadi kabar baik bagi dunia pendidikan, khususnya bagi para praktisi dan pengajar yang terus mencari cara-cara inovatif untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar.