• Jelajahi

    Copyright © NARASI RAKYAT
    Best Viral Premium Blogger Templates


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

    Iklan

    Antusiasme Siswa SDN 16 Parepare Dalam Kegiatan Pembelajaran Oleh Dosen PGMI Polman

    Satry Polang
    Senin, 06 November 2023, November 06, 2023 WIB Last Updated 2023-11-06T23:40:08Z
    masukkan script iklan disini
    banner 728x250

    Oleh Nur Rahmatan Mursalin & Husnul Khotimah Rustam

    Antusiasme Siswa SDN 16 Parepare Dalam Kegiatan Pembelajaran Oleh Dosen PGMI Polman


    Narasirakyat.my.id,Sidrap -- Siswa-siswi SDN 16 Parepare mendapatkan materi tentang Pembelajaran Critical Incident untuk meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Murid Kelas V. Materi tersebut dibawakan oleh Nur Rahmatan Mursalin dari IAI Polman yang didampingi guru kelas Rahmawati R, S.Pd melakukan Kegiatan seru dan menyenangkan untuk siswa dan guru sebab menggunakan kuasi eksperimen dan diselingi ice breaking Indonesia. 




    Sampel pada penelitian ini adalah murid kelas VA yang berjumlah 34 orang  murid yang  terdiri  dari  24 murid  perempuan  dan  10 murid  laki-laki  sebagai  kelas eksperimen, dan murid kelas VB yang berjumlah 34 orang  murid yang terdiri dari 23 murid perempuan dan 11 murid laki-laki sebagai kelas kontrol. Jumlah keseluruhan objek penilaian berjumlah 68 orang murid. Ranah kognitif paling banyak dinilai karena berkaitan dengan kemampuan para murid dalam menguasai isi bahan pengajaran.




    Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran di kelas V A sebagai kelas eksperimen sedangkan pembelajaran konvensional di  kelas V B sebagai kelas kontrol. Apabila ingin mengetahui perubahan hasil belajar murid, maka dilakukan evaluasi pembelajaran yang dalam hal ini menggunakan post test.



    Post test diberikan kepada murid setelah melalui proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Critical Incident dengan butir soal yang sama. Soal yang digunakan dalam penelitian ini,merupakan soal essay sebanyak 3 butir soal.




    Setelah dilakukan pembelajaran yang berbeda yaitu pada kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran Critical Incident, terlihat bahwa hasil belajar Bahasa Indonesa dari kedua kelas tersebut berbeda secara signifikan. Rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia pada kelas eksperimen  setelah diberikan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Critical Incident sebesar 84,68 lebih besar dari kelas kontrol yang menggunakan model konvensional yaitu 70,03. 




    Hasil ini mengindikasikan bahwa pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Critical Incident secara signifikan lebih unggul dibandingkan pembelajaran menggunakan model konvensional.

    Komentar

    Tampilkan